Sejarah Kelas X: Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia || proto dan deutro melayu

          beberapa suku bangsa seperti  kubu, lubu, alang mamak yang tinggal di sumatra dan toal di sulawesi merupakan penduduk tertua dikepulauan indonesia.mereka mempunyai hubungan erat dengan nenek moyang melanesia masa kini dan orang vedda saat ini yang masih terdapat di afrika, asia selatan, dan oceania.vedda itulah yang pertama daang ke pulau pulau yang sudah berpenghuni. mereka membawa budaya prkakas batu kedua ra melanesia dan vedda hidup dalam budaya mesolitik.
budaya berikutnya membawa budaya neolitik. para pendatang baru itu jumlahnya jauh lebih banyak daripada penduduk asli.mereka datang dalam 2 tahap. mereka diseebut sebagai deutro melayu dan proto melayyu, dan kedatangan mereka sudah 2000 tahun yang lalu.proto melayu.  
1. proto melayu 
            diyakini sebagai nenek moyang orang melayu polenesia yang tersebar di madagaskar sampai pulau pulau paling timur di pasifik.merekak diperkirakan datang dari cina bagian selatan. ras melayu ini memiliki ciri ciri rambut lurus, kulit kuning kecoklat coklatan, dan bermata sipit. dari cina bagian selatan mereka bermigrasi ke indocina dan siam, kemudian ke pulau indonesia, yang bermula menemati pantai-pantai sumatra utara, kalimantan barat, dan sulawesi barat. ras proto melayu itu pun mendesak keberadaan penduduk asli. kehidupan didalam hutan-hutan menjadikan mereka terisolasi dari dunia luar, sehingga memudarkan peradaban mereka. penduduk asli proto melayu itu pun kemudian melebur. mereka itupun kemudian menjadi suku bangsa batak, dayak, toraja, alas, dan gayo.
  2. deutro melayu
             deutro melayu merupakan ras yang datang dari indocina bagian utara.mereka membawa budaya baru berupa perkakas dan senjata  besi ddikepulauan indonesia, atau kebudayaan dongson.perpindahan mereka ke kepulauan iindonesia dapat dilihat dari rute persebaran alat-alat yang mereka tinggalkan dibeberapa kepulauan diindonesia, yaitu berupa kapak persegi panjang. peradaban ini dapat kita jumpai ddi malaka, sumatera, kalimantan, filipina, sulawesi,jawa, dan nusa tenggara timur
dalam bidang  pengolahan tanah mereka mempunyai kemampuan utuk menciptakan irigasi pada tanah- tanah pertanian yang berhasil mereka ciptakan, dengan membabat hutan terlebih dahulu.
 3. melanosoid
             ras lain terdapat di kepulauan indonesia adalah ras melanesoid. maka tersebar dilautan pasifik di pulau-pulau yang letaknya disebelah timur irian dan benua australia. dikepulauna indonesia tinggal di kepulauan papua barat, ambon maluku utara, dan nusa tenggara timur. bersama dengan papua nugini dan bismarck, solomon, new caledonia ddn fiji, vanuatu, mereka tergolong rumpun melanesoid. 
asal mula bangsa melanesia yaitu proto melanesia merupakan penduduk pribumi di jawa. mereka adalah manusia wajak yang tersebar ke timur hingga papua, sebelum zaman es berakhir dan kenaikan permukaan laut yang terjadi pada saat itu. bangsa proto melanosoid terus terdesak oleh bangsa melayu mereka yang belum sempat mencapai kepulauan papua melakuakan percampuran ras baru.
4. negrito dan weddid
              sebelum kedatangan kelompok melayu tua dan muda, negeri kita sudah terlebih dahulu kemasukan orang-orang negrito dan weddid. sebutan negrito diberikan oleh orang-orang spanyol karena yang mereka jumpai itu berkulit hitam mirip dengan jenis-jenis negro.
Hasil gambar untuk peta jalur masuk melanesia
1.1 peta jalur masuknya ras melanesia

 5. teori out of afrika dan out of taiwan
                menurut harry truman pada sekitar 60.000 tahun yang lalu ada sekelompok orang yang dengan semangat keberaniannya melintasi selat selat dan laut hingga mencapai kepulauan nusantara. mereka adalah hommo sapiens yang dalam buku litelatur merupakan manusia modern pertama. ketika berangkat dari afrika mereka tidak mempunyai tempat tujuan. teori ini para ahli menyebutkan teori out of africa 
kemudian pada sekitar 4.000-3.000 tahun yang lalu kepulauan indonesia kedatangan orang-orang baru. mereka ini membawa kebudayaan baru yang seringkali disebut dengan budaya neolitik. budaya ini sering dicirikan dengan kehidupan yang menetap dan domestikasi hewan dan tanaman. pendatang yang berbicara dengan tutur austronesia ini diperkirakan datang dari taiwan dengan kedatangan awal sulawesi juga kemungkinan kalimantan.mereka yang mencapai kepulauan nusantara bagian barat melalui malaysia, teori inilah yag sering kali disebut teori out of taiwan

 https://www.youtube.com/dashboard?o=U











 








Comments

Popular posts from this blog

spesifikasi dan harga asus zenfone 4 max pro 26 oktober 2017 | tech4tim

Viral!! Ratusan Warga Tuban membeli mobil Mewah